BAB I
LATAR BELAKANG
Nama Perusahaan : Hijab Kita
Bidang Usaha : Produk Barang
Jenis Produk : Hijab Lukis
Alamat
Perusahaan : Jl. Margonda
Gg. Karet Rt 001/019 no AII, Kemiri Muka, Beji, Depok
Nomor Telepon : 083175011500
1.1 Identifikasi Peluang Bisnis
Dewasa
ini, kebudayaan berkerudung semakin meluas. Banyak para wanita yang kini
memilih untuk berkerudung. Dan tidak sedikit pula hijab kini dijadikan salah
satu tren busana yang banyak diminati, pelatihan softskill khusus di dunia kampus yang membahas tentang kerohanian
islam dan menganjurkan setiap muslim menutup aurat. Namun demikian, anjuran
untuk menutup aurat tersebut agaknya sedikit terabaikan. Karena banyak
mahasiswi yang merasa dengan berkerudung membatasi kreativitas fashion bagi mereka.
Padahal
sebenarnya berkerudung justru membuat wanita terlihat semakin cantik dan
anggun. Apalagi apabila dilakukan dengan memodifikasi jilbab yang dikenakan
menjadi berbagai model dan diserasikan dengan busana yang dikenakan.
Berkerudung terkadang juga menimbulkan berbagai kesan seperti panas, ribet dan
membatasi gerak. Namun jika dilihat dari sisi baiknya, berkerudung membuat
wanita semakin terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam
dirinya. Untuk itu, agar membuat wanita semakin cantik ketika berkerudung, dan
membuang kesan buruk tentang berkerudung, kami menawarkan produk yaitu hijab
lukis. Hijab lukis kami menyediakan berbagai pilihan jilbab dengan bahan dasar
jilbab paris dan telah dipasangkan dengan iket atau dalaman jilbab. Keunikan
dari jilbab kami adalah kami melukis jilbab ini dengan berbagai motif yang
menarik menggunakan potongan kain perca yang dijahit dengan benang sulam. Dan
kami telah menyesuaikan jilbab dengan iket dalamannya yang juga telah dihias
dengan indah dengan menggunakan perca dan benang sulam.
1.2 Penjelasan Produk
Cara
membuat produk kami bisa dibilang susah susah gampang. Karena sebenarnya hanya
membutuhkan ketelitian, keuletan dan kesabaran dari produsen. Untuk membuat
jilbab ini, kami cukup menyediakan kerudung paris polos, kain perca yang
berwarna-warni, beraneka ragam warna benang sulam, dan iket atau dalaman
kerudung. Kerudung paris di lukis dengan menggunakan kain perca dan benang
sulam, tentunya dengan keahlian dan teknik khusus yang bisa dipelajari. Daleman
kerudung atau iket bisa dibuat dari kain perca itu sendiri ataupun dari kain
iket yang kemudian dihiasi kain perca dan benang sulam, sama hal nya dengan
kerudung paris. Motif yang kami sajikan beraneka ragam sesuai dengan warna
jilbab dan iket.
Selain
menyajikan hijab lukis dan iketnya, kami juga menyelipkan berbagai model atau
cara pakai jilbab yang bisa dicontoh pada setiap kemasan jilbab. Model tersebut
berbentuk tutorial hijab, sehingga mempermudah konsumen untuk mempelajari cara
memakainya. Selain memberi model atau
contoh cara pakai, kami juga memberi rekomendasi tentang baju apa yang
pantas di pakai dan warna apa yang sesuai.
1.3 Latar Belakang Bisnis
Alasan
kami menawarkan produk ini adalah saat ini berkerudung menjadi tren tersendiri
di kalangan para remaja maupun ibu rumah tangga. Namun demikian, berkerudung
cenderung melahirkan kesan ribet dan kurang fashionable.
Padahal menutup aurat adalah kewajiban bagi kaum muslimin. Adapun perempuan
yang telah berjilbab tetapi kadang bingung memadupadankan baju dan kerudung
sehingga merasa bosan dengan penampilannya. Di sini kami membantu para remaja
untuk lebih bisa mengeksplorasi kreativitas dalam berjilbab sehingga terkesan
tidak monoton dan lebih menarik. Meningkatkan percaya diri bagi kaum wanita
muslim dan membantu wanita muslim untuk senantiasa menutup aurat sesuai dengan
yang telah diwajibkan oleh agama.
1.4 Tujuan
1. Tujuan Umum
a. Mendapatkan keuntungan dari produk
ini
b. Membudayakan kebiasaan berjilbab di
kalangan muslimah
c. Membuat produk yang dapat menjadi
gaya berpenampilan modis bagi yang mengenakannya
2. Tujuan Khusus
a. Membantu wanita muslim mengeksplorasi
kreativitas dalam berjilbab
b. Memberi pilihan yang memudahkan para
wanita untuk senantiasa menjaga dan menutup aurat
1.5 Potensi Bisnis
Produk
ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah merebaknya
kebudayaan berkerudung di kalangan wanita mulai dari anak-anak sampai dewasa.
Dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang itu itu
saja. Tidak seperti tatanan rambut yang bisa berubah setiap hari. Terkadang
mereka merasa malu untuk mengenakan berbagai pernak pernik jilbab dan cenderung
merasa tidak percaya diri. Tetapi apabila telah disediakan produk jilbab dengan
beraneka lukisan dan warnanya, serta dilengkapi dengan berbagai rekomendasi
model maupun cara pakai, pasti akan menarik perhatian para wanita.
BAB
II
ANALISIS SWOT
2.1 Faktor Internal
1) Strength (Kekuatan)
a. Keunggulan produk
Kami
menawarkan suatu produk yang mengangkat nilai keagamaan dan dipadukan dengan
unsur keindahan. Kami juga menyelipkan cara pakai jilbab yang memudahkan
penggunaannya.
b. Keterampilan dan keahlian
Kami
memiliki keterampilan untuk melakukan modifikasi motif jilbab dan keahlian
memadupadankan jilbab dengan dalamannya.
c. Bahan baku mudah di dapat
Bahan
baku pembuatan jilbab ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya
tidak begitu mahal. Serta jenisnya beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan
pilihan hijab.
2) Weakness (Kelemahan)
a. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman
untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang
harus diatasi.
b. Kurangnya Sumber Daya Manusia
Keterbatasan
sumber daya manusia sebagai produsen atau pengrajin jilbab. Dalam menjahit dan
menyulam diperlukan keterampilan khusus yang tidak setiap orang bisa
melakukannya.
2.2 Faktor Eksternal
1) Opportunities ( Peluang )
a. Banyaknya konsumen
Banyaknya
wanita muslim yang berkerudung. Dan dengan produk ini akan menambah minat
wanita untuk berkerudung.
b. Sistem pemasaran
Pemasaran
bisa dibilang cukup mudah karena kami hidup di lingkungan masyarakat yang
mayoritas muslim dan berkerudung.
2) Threats ( Ancaman )
a. Keacuhan konsumen
Terkadang
wanita berjilbab kurang memperhatikan penampilannya. Dan kesibukan membuat
mereka tampil apa adanya.
BAB III
PERENCANAAN BISNIS
3.1 Sasaran dan Target Pasar
Sasaran
kami adalah seluruh wanita muslim dari segala usia. Baik yang telah berjilbab
maupun yang belum. Untuk itu kami memulai promosi dari daerah yang mayoritas
penduduknya beragama Islam serta kerap mengadakan perkumpulan. Karena kami
menganggap promosi akan lebih efektif jika terjadi dalam suatu kelompok. Selain
itu kami juga mempunyai rumah produksi yang siap didatangi siapa saja dan siap
melayani jasa konsultasi serta pemesanan.
Untuk
program jangka panjang, kami mencanangkan untuk membuka toko di sebuah pusat
perbelanjaan seperti mall. Seperti rumah produksi, kami juga menyediakan
fasilitas seperti jasa konsultasi, pemesanan. Sasaran kami tetap yaitu semua
wanita muslim, yang berkunjung ke pusat perbelanjaan tersebut. Untuk itu, kami
menggalakkan promosi di berbagai media, seperti media elektronik. Hal ini kami
maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
3.2 Pembiayaan
3.2.1
Biaya
Tetap (Fixed cost) per tahun
Kami
tidak banyak menggunakan alat tahunan karena proses pembuatan produk kami
menggunakan tenaga manusia. Di bawah ini sedikit alat yang kami gunakan:
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jarum Sulam
|
12 pak
|
Rp. 4000
|
Rp. 48.000
|
2
|
Jarum Jahit
|
12 pak
|
Rp. 2000
|
Rp. 24.000
|
3
|
Alat Sulam
|
6 buah
|
Rp. 20.000
|
Rp. 120.000
|
4
|
Gunting
|
6 buah
|
Rp. 30.000
|
Rp. 180.000
|
TOTAL
|
Rp. 372.000
|
3.2.2
Biaya
Variabel (Variable cost) - Per Bulan
No
|
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
1
|
Jilbab paris
|
150 lbr
|
Rp. 15.000
|
Rp. 2.250.000
|
2
|
Iket
|
150 lbr
|
Rp. 8.000
|
Rp. 1.200.000
|
3
|
Benang Sulam
|
5 pak
|
Rp. 15.000
|
Rp. 75.000
|
4
|
Kain Perca
|
1 karung
|
Rp. 75.000
|
Rp. 75.000
|
5
|
Album tutorial
|
150
|
Rp. 3000
|
Rp. 450.000
|
6
|
Plastik Kemasan
|
2 pak
|
Rp. 5000
|
Rp. 10.000
|
7
|
Listrik dan Internet
|
Rp. 50.000
|
Rp. 50.000
|
|
TOTAL
|
Rp. 4.110.000
|
3.2.3
Biaya
Total
Biaya total = Variable cost + Fixed cost
= Rp. 4.110.000 + Rp. 372.000
= Rp.
4.482.000
3.2.4
Biaya
dan Harga Per Unit
Biaya tetap yang
dibutuhkan untuk 1 bulan adalah Rp. 372.000 : 12 bulan = Rp. 31.000
Total biaya produksi yang
dikeluarkan per bulan = Rp 31.000 + Rp 4.110.000 = Rp 4.141.000
Biaya per unit adalah
Total biaya produksi dalam 1 bulan : jumlah produk yang dihasilkan per bulan = 4.141.000
: 150 buah = 27.606,66
Harga jual per unit Rp
45.000
3.2.5
Modal
Awal
Modal awal = Total Biaya
Tetap + Biaya Variabel selama 1 Bulan
=
Rp 372.000 + Rp 4.110.000
= Rp
4.482.000
3.2.6
Analisis
Titik Impas (Break Even Point)
BEP harga = Total biaya
produksi selama 1 bulan : Produksi
= 4.141.000
: 150 buah = 27.606,66
Harga jual per unit Rp
45.000
BEP produksi = Total
biaya produksi selama 1 bulan : Harga per unit
= Rp
4.141.000 : 45.000 = 92 buah
Jadi, untuk mencapai
titik impas maka dalam 1 set hijab lukis yang harus terjual adalah 92 dengan harga per produk adalah Rp 45.000
3.2.7
Analisis
Keuntungan
Pendapatan : Hijab Lukis
yang terjual x harga jual = 150 x Rp 45.000
= Rp.
6.750.000
Total biaya produksi
dalam 1 bulan = Rp. 6.750.000
Keuntungan = Pendapatan
–Total biaya produksi
= Rp
6.750.000 – Rp 4.141.000
= Rp
2.609.000
Jadi, keuntungan yang
diperoleh dengan menjual 150 Hijab lukis dengan harga Rp 45.000 per buah dalam
1 bulan adalah Rp 2.609.000
3.2.8
Pengembalian
Modal
Total biaya Produksi :
Laba usaha = Rp 6.750.000 : Rp 2.609.000
=
2,58 bulan (78 hari)
Catatan : Dalam 1 bulan diproduksi 150 buah hijab lukis
Hijab lukis yang harus
dijual per hari = 150 : 30 hari = 5 set hijab lukis
Maka, Pay Back Period =
BEP Produksi : Penjualan per hari = 92 : 5 = 19 hari
Jadi, modal akan kembali
dalam jangka waktu 19 hari dengan penjualan 5 set hijab lukis tiap harinya.
BAB IV
STUDI KELAYAKAN
4.1 Lokasi
Pembuatan
hijab lukis ini dilakukan di Jl. Kemana Saja No.93 RT.08/24. Di sini adalah
salah satu tempat tinggal anggota kami yang sudah diperuntukkan khusus sebagai
tempat pembuatan hijab lukis. Pembeli bisa datang langsung melihat-lihat proses
produksi maupun konsultasi langsung dengan kami tentang cara memakai jilbab
yang menarik. Pembeli juga bisa datang langsung untuk memilih dan menentukan
sendiri motif yang diinginkan. Di sini kami juga menyediakan berbagai aksesoris
yang diperlukan dalam berjilbab.
Selain
rumah produksi, kami juga membuka sebuah stand flexible yang dapat berpindah
berdasarkan lokasi yang sesuai dan merupakan tempatnya berkumpulnya wanita
muslim. Biasanya kami membuka stand di setiap acara-acara pengajian bulanan
yang biasa di selenggarakan oleh pihak HC Depok.
4.2 Sarana dan Prasarana
Selain
menggunakan rumah produksi dan stand flexible sebagai media promosi dan tempat
traksaksi jual beli, kami juga memanfaatkan berbagi media baik media elektronik
maupun media cetak seperti brosur, leaflet, pamflet, online shop, blog,
facebook, twitter dan lain sebagainya. Semua sarana ini dilengkapi dengan
prosedur atau tata cara memakai hijab.
3.1 Sumber Daya Manusia
Untuk
usaha awal, kami hanya menggunakan sumber daya manusia dari keseluruhan anggota
yang ada. Dimana terdiri dari 4 orang. Meskipun jumlahnya belum memenuhi. Namun
hal ini sudah menjadi modal yang luar biasa bagi usaha hijab kami. Kami yakin,
dari segala keterampilan yang kami miliki serta keyakinan diri untuk mengembangkan
usaha bersama akan menghasilkan hasil yang sangat memuaskan.
BAB V
RESIKO USAHA
5.1 Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap
perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan
berbagai resiko sebagai berikut.
a. Produk kurang menarik minat muslimah.
Manusia
memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian
dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang
memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa
percaya diri.
b. Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya
barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang.
Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
c. Modal usaha
Hijab
lukis ini memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak
bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun
suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat
dapat mendukung keberlangsungan usaha.
Antisipasi kami terhadap
resiko-tersebut:
a. Produk kurang menarik minat muslimah
Setiap
orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami
mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi
secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk
mendapatkan keuntunga. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita
memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk
memperhatikan dan mencoba produk kami.
b. Jilbab yang kadaluarsa
Kami
melakukan antisipasi dengan membuat peta produksi. Dimana telah ditentukan
barang mana yang harus diedarkan dan haru telah ditarik kembali dari peredaran
pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak ada penumpukan barang yang
membuat konsumen selalu melihat barang sama. Barang yang telah ditarik tersebut
akan kembali dirombak dan dijadikan produk baru yang kemudian diedarkan
kembali.
c. Modal usaha
Modal
usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu biesnis. Untuk memenuhi modal
usaha kami memilih untuk melakukan peminjaman kepada bank yang memiliki bunga
peminjaman terkecil.
BAB VI
PENUTUP
6.1 Kesimpulan
Hijab
lukis merupakan suatu jenis jilbab yang dimodifikasi dengan memberikan lukisan
pada jilbab dan dalamannya. Kami juga memberikan jasa konsultasi dan album
tutorial pada setiap kemasan jilbab yang kami pasarkan. Produk kami ini
bertujuan membantu kaum muslim untuk mngeksplorasi kreativitas fashion mereka.
Sehingga dapat menarik minat para muslimin untuk memakai jilbab. Proses
pemasaran kami lakukan melalui berbagai media. Kami juga menyediakan jasa
konsultasi dengan menghadiri stand flexible kami dan mendatangi rumah produksi
kami. Harga yang kami patok berbeda tergantung bahan lukisan yang kami gunakan.
Kami juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab sesuai selera konsumen.
6.2 Saran
Produk
menitikberatkan kepada unsur keindahan yang terkandung di dalamnya. Sehingga
membedakan jilbab lukis dengan jilbab lain yang kini telah merebak di pasaran.
Oleh karena itu, keterampilan dan keahlian menjadi sangat penting dalam
produksi kami. Selain itu, kami memiliki tujuan untuk membantu wanita muslim
untuk mematuhi kewajiban menutup aurat, sehingga kami sangat mengharapkan
dukungan dari segala pihak.
contoh gambar produk gak ada
BalasHapuscukup menarik Kak. kalau boleh usul, mungkin akan lebih menarik lagi jika diberikan gambar, sehingga pembaca bisa lebih jelas juga mengenai produknya...
BalasHapusAplikasi Kasir Android Gratis